Kamis, 14 Oktober 2010

5 Cara Menghadapi Hard Times

Dilepeh pacar, nggak diperhatiin ortu, dimusuhin temen se-geng, nggak naik kelas
Foto: ilustrasi

Itu sebagian dari masa-masa sulit. Masih ada segambreng lagi masa-masa sulit yang mungkin bakal kita ditemui. Nyebelin? Pasti. Nyerah? NO WAY! Gimana ngadepinnya?
•   Jangan malu buat bersedih
Masa-masa sulit bisa bikin kita desperate gila-gilaan. Susahnya, sebagai cowok, kita punya banyak "keterbatasan" buat ngeluarin semua ganjalan hati. Kalo cewek yang lagi sedih bebas nunjukin tampang mellow-nya atau nangis sepuas hati di mana aja dia mau, giliran kita nggak bisa begitu. Wuaaah… bisa dicap cemen, jack!
Padahal sebenernya yang ngebedain cewek sama cowok kan cuma bodi dan susunan alat kelamin aja. Urusan perasaan sih tetap aja sama. Jadi kayaknya "nggak beradab" aja kalo kita nggak boleh ngeluarin semua unek-unek.
Makanya, nggak usah tengsin atau ngeper deh mengekspresikan kacaunya suasana hati. Masa bodo amat lah gimana tanggapan orang lain kalo ngeliat tampilan kita memprihatinkan. Yang mesti diinget cuma: semua perasaan nggak enak itu harus dikeluarin kalo nggak mau terus-terusan punya beban.
•   Pahami kemarahan kita
Kalo diperhatiin, berbarengan dengan munculnya perasaan desperate biasanya suka muncul juga perasaan marah nggak juntrung. Tanpa disadari, kita jadi nyalahin diri sendiri atau nyalahin orang lain melulu. Padahal belum tentu tuduhan-tuduhan itu bener. Dan asal tau aja nuduh sembarangan kayak gitu bener-bener nggak ngebantu ngurangin beban sedikitpun. Yang ada justru bikin perasaan tambah kacau!
So, mendingan coba pahami kenapa kok kita jadi ngerasa kesel-kesel nggak jelas gitu. Coba runut lagi pelan-pelan kronologis kejadian sial itu (taela…), biar bisa ketauan apa sebenernya yang bikin kita kesel. Kalo udah jelas sumbernya kan berasa lega dikit tuh. Ya nggak?
•   Tantang diri sendiri
Saat kita ngingat-ngingat kejadian sial yang menimpa kita emang bakal kerasa sakit hati lagi. Tapi konon sakit hati yang berikut-berikutnya ini justru bakal bikin kita lebih kuat. Soalnya lama-lama kan kita jadi kebal! Hehehe….
Cuma emang proses timbulnya kekebalan itu nggak cepet. Biasanya pas kita mengingat kembali kejadian sial itu, rasa sakit hati yang muncul malah nambah dua kali lipat. Dan ujung-ujungnya "nyetanin" kita buat denial atau escape.
Man… ini adalah reaksi yang biasa! Tapi, kita nggak boleh nurutin gitu aja. Soalnya kalo tuh dorongan diturutin, masalahnya bukan selesai malah tambah panjang dan ruwet. Nggak ada pilihan lain kecuali tantang diri sendiri buat ngadepin rasa sakit hati itu. Kita cowok gitu lho, masa sih gampang nyerah sama keadaan?
•   Get out and do something!
Buat keluar dengan selamat dari masa-masa sulit kita kudu bisa nyari solusi yang tepat. Cuma, dalam kondisi baru setengah yakin bisa nyelesein masalah, berat banget kan nyari jalan keluar sendiri? Abis, ibaratnya orang baru bangun tidur, akal sehat belum ngumpul semua!
Asiknya sih bisa tukar pikiran sama orang yang ngertiin kita banget. Tapi kalo nggak mau, kita bisa kok nyontek solusi yang dilakukan temen, sodara, atau siapa lah orang lain yang kebetulan punya masalah yang sama. Tinggal susun aja step by step-nya sesuai keadaan kita dan sikon yang kita hadapi, trus beraniin diri buat mulai melakukannya.
•   Sabar sama diri sendiri
Tips terakhir ini emang klise, tapi emang bener kita harus sabar sama diri sendiri. Jalan kan nggak selalu mulus. Apalagi buat kita yang baru mau "sembuh", ugh… masih oleng! Biar kata pikiran mulai jernih lagi dan rasa percaya diri mulai merangkak naik, pasti kita masih bakal berkali-kali kepleset. Makanya sabar, sabar, dan sabar itu jadi kata kunci.
Tapi… kan susah? Betul! Tapi mungkin kita bakal bisa kebantu buat sabar kalo begitu gagal nyoba satu jalan keluar, kita nggak pernah berhenti nyemangatin diri sendiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar