Kamis, 14 Oktober 2010

Terapi Asik Denger Musik

Denger musik itu asik. Denger musik itu bikin happy. Man. .. hidup emang garing kalo nggak ada musik!

Foto: Getty Images/ Jasper Juinen

Kenapa kalo sedih kita suka denger musik? Kenapa kalo bete kita suka denger musik? Kenapa kalo sebel kita suka denger musik? Dan kenapa juga kalo seneng kita suka denger musik? Jawabannya cuma satu: karena musik bisa ngerubah segala sikon nggak enak jadi enak, dan bikin sikon yang udah enak makin enak! ‘Tul nggak?? Makanya kalo mau yang enak-enak jangan pernah jauh-jauh dari musik.
1.   Pas nervous or cemas....
Dengerin aja musik-musik yang iramanya lembut. Yang nggak ada beat-nya dan punya ketukan nada rendah. Biar bisa nurunin debar jantung dan tekanan darah kita, jack. Kalo diambil contoh... yaah, kira-kira kayak musiknya Ten2Five, John Mayer, atau Coldplay gitu lah. Dijamin deh nggak lama kemudian otot-otot jadi rileks!
2.   Kalo lagi nggak semangat atau perasaan lagi mellow....
Nah, yang ini musiknya justru kudu up beat, yang kedengerannya lincah. Atau malah yang kenceng sekalian, yang banyak nada-nada distorsinya! Kayak musiknya Jamiroquai, Linkin Park, System of A Down.... Biar bisa menyulut adrenalin dan bikin kita tegang.
3.   Buat nyantai....
Musik buat nyantai itu sebenernya bisa apa aja sih. Soalnya urusan yang satu ini asli tergantung selera kuping masing-masing. Cuma sebisa mungkin cari musik yang iramanya tuh tetap. Nggak yang tiba-tiba di tengah lagu nadanya jadi tinggi secara ekstrim gitu. Waaa, kalo begini sih bukannya tambah nyantai malah kaget-kaget!
4.   Saat marah....
Nih dia banyak orang yang suka salah kaprah. Buat meredam marah biasanya orang milih nyetel musik yang kenceng. Biar marahnya dieksplor supaya cepet abis katanya. Padahal mestinya justru dengerin musik kayak kalo kita lagi "terserang" nervous or cemas itu. Musik-musik yang iramanya lembut dan temponya sama dengan rata-rata detak jantung manusia, 70 sampe 80 denyut/menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar